Kamis, 01 September 2011

Walaupun berbeda tapi tetap sama

1Syawal 1432 H adalah hari Raya Idul Fitri di mana umat Muslim merayakan kemenangan setelah mereka menahan lapar, haus, amarah, dan nafsu selama lebih kurang 1 bulan. 
Ada berbagai metode yang dilakukan untuk menentukan kapan jatuhnya 1 Syawal dan tentu saja itu dilakukan oleh orang profesional yang menekuni bidang tersebut.
Orang awam seperti kita, saya khususnya tidak bisa dan tidak tahu bagaimana cara menentukannya. Sejauh ini, yang saya ketahui yaitu metode Hilal dan Hisab itupun saya ketahui dari media massa dan elektronik. Bagaimana perhitungannya jangan pernah tanyakan pada saya, karena saya benar-benar tidak tau sama sekali :D

Kalender Islam tentu saja berbeda dengan kalender-kalender yang biasa digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Karena itulah, kadang terjadi perbedaan penentuan 1 Syawal.
Inilah yang membuat negara yang saya tinggali, Indonesia mengalami perbedaan dalam menentukan 1 Syawal. Dengan berbagai macam metode, akhirnya Muhammadiyah berkeyakinan bahwa tanggal 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Selasa, 30 Agustus 2011, sedangkan NU dan Pemerintah Indonesia memutuskan 1 Syawal 1432 H jatuh pada Rabu, 31 Agustus 2011.
Dan masjid-masjid pun ada yang menyelenggarakan sholat Ied hari Selasa, ada juga yang Rabu. Bahkan, ada juga yang hari Kamis, 1 September 2011, mereka ini penganut Aboge (Alif Rebo Wage) yang saya tau mereka berdomisili di desa-desa Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Saya pikir kedua metode tersebut tidak ada yang salah karena para ahli mereka tentu telah memperhitungkan dengan seksama. Bener begitu bukan??
Masing-masing umat pun bebas memilih kapan akan melaksanakan sholat Ied, yang pasti perbedaan tersebut tidak perlu dipermasalahkan dan juga jangan sampai men "judge" yang ini benar, yang itu salah dan haram. Perbedaan itu indah bukan??
Islam itu indah, jangan sampai hal seperti ini mengakibatkan konflik dan perpecahan umat Islam.

Yaaahhh,,  seperti semboyan Indonesia sendiri "Bhinneka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu". Begitu juga dengan Islam, walaupun berbeda dalam menentukan 1 Syawal, Tuhan kita tetap 1, Allah SWT, dan tujuan kita menyambut 1 Syawal juga sama, untuk merayakan Idul Fitri, saling bermaafan dan melaksanakan sholat Ied untuk memenuhi perintah dan mengabdi pada Allah SWT.  

Perbedaan menjadikan Islam itu Indah dan semoga saja ini terakhir kalinya terjadi perbedaan dalam penentuan 1 Syawal. :D

0 comment:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Life is lost minute by minute, day by day, fill up your days with your smile. Enjoy Your Life. Enjoy My Blog

me

Foto Saya
22yo|HalaMadrid|Gooners|

what time is it?

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog

 

Followers

 
-Thanks for visiting my blog-

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger